Kamis, 12 Maret 2015

It Was Just A Little Push

Selamat bulan Maret bagi siapapun yang membaca post ini! Setelah dua bulanan mendem di bawah tanah bagaikan tikus tanah, akhirnya gue iseng buka blog sendiri dan gue sadar... gue udah lama banget ga memberkati orang lewat talenta yang ada. Asik~ '-' Oke, sebelumnya, gue mau berterima kasih sama Tuhan untuk libur maha banyak di semester dua. Tuhan tau aja gitu betapa malesnya dan lelahnya gue kalo harus masuk sebanyak di semester satu dan harus serajin itu lagi. Kayanya gak mungkin.....

Dua bulan tanpa update kabar terbaru tentang betapa baikNya Tuhan, ga bikin gue berhenti ngerasain kebaikanNya. Kabar terakhir yang paling membahagiakan adalah 3 temen gue baru aja dibaptis dan rasanya kaya WOOOOOOOOOOOOOOW! Ini lebih nyenengin daripada dibeliin boneka sama pacar seriusan '_' Tapi sayangnya.. ada yang dibaptis, ada yang berapi-api, pasti ada juga yang mulai mabok sama masalahnya sendiri. Masalah kehidupan itu emang makin kemari makin susah dan itu bagaikan kesempatan yang bagus banget buat Iblis untuk bikin kita down. Segala intimidasi yang bilang kalo "ah.. gue mah apaan.. ga selevel sama temen SMP gue dulu.." atau "tuh liat siapa yang peduli sama lo" atau "udahlah gak usah sok alim, toh gaada yang appreciate juga kan?" dan lain sebagainya itu harus dibuang jauh jauh. Jangan didenger, perkataan yang merusak itu jangan didenger. Firman Tuhan bilang dengarkanlah apa yang baik dan manis didengar.

Sayangnya, gak selamanya manusia kuat dan tangguh. Ada kalanya kita ngerasa down dan Iblis sukses jalanin misinya, bikin kita ngerasa rendah diri. Di saat saat kaya ginilah bahaya banget untuk sendirian dan gak cerita ke siapa siapa. Komunitas itu perlu, karena emang manusia dari awal diciptakan sebagai makhluk sosial. Meskipun gue anak ipa uhuk .___. #gaadahubungan

Salah satu temen gue, ada yang ngedown, dan gue ngerasain banget hal itu. Beberapa kali dia sempet ilang dari peredaran. Gue bingung gimana mau ngomonginnya supaya tetep rajin cari Tuhan, karena gue takut nyakitin hati temen gue. Tapi gue gamau dia balik lagi ke kesulitan dia yang dulu. Gue berusaha nyari cara buat ngomonginnya, tapi.. selalu jatohnya sok menggurui gitu. Yaudalah akhirnya gue tahan.

Suatu ketika di hari Minggu, iya emang kejadian yang amazing rata-rata terjadi di hari Minggu, gue duduk sebelahan sama dia. Gue rasanya kaya kangen banget sama dia setelah sekian lama gak ngobrol. Tapi kan.. semua sudah tak sama. Gue udah ga sesering dulu ngobrol sama dia, awkward juga rasanya. Akhirnya, gue nyanyi, dia nyanyi, kita nyanyi selama waktu pujian ._.

Pas mau masuk penyembahan, lagu yang dinyanyiin itu ngefeels banget karena itu lagu yang dinyanyiin pas temen gue pertama kali mau buka hati buat Tuhan. Gue inget waktu itu gue lagi giat-giatnya diet, dan sering banget ngobrol sama dia. Gue sedih, gue bilang ke Tuhan : "Tuhan, masa masa itu udah lewat. Sekarang aku harus gimana?" Dan tiba-tiba aja Tuhan memberikan dorongan ke gue untuk ngamatin temen gue yang satu ini. Ada rasa sayang yang bener-bener luar biasa dan gue lupa sama semua kekesalan gue soal dia. Ada dorongan untuk megang tangan dia dan nawarin diri buat mendoakan dia. Gue doain dia dan kita sama-sama nangis. Gue ngerasa kaya ada rasa empati yang besar, yang bikin gue ngerti gimana rasanya jadi dia. Selesai didoain, wajah dia tuh berubah jadi lebih ceria dan dia nyanyi dengan penuh semangat. Gue seneng ngeliat perubahan sikap temen gue ini.

Kejadian ini bisa dibilang kali pertama gue ngedoain orang secara spontan tanpa perencanaan, dan rasanya luar biasa. Nyata banget kalo Tuhan yang bekerja di dalam diri gue, karena kalo gue sendiri gak mungkin kaya gitu. Gue orangnya kurang bisa berempati. Ini mungkin cuma sebuah doa, tapi doa yang kita panjatkan buat seseorang itu nunjukkin betapa kita peduli sama orang itu sehingga kita sebut nama mereka dalam doa kita. Mungkin isi doa kita akan terlupa dan diaminin setengah niat setengah engga sama orang yang kita doain, tapi doa kita selalu sampai ke Tuhan. Dan itulah gunanya teman, untuk saling menguatkan dan mendoakan. Untuk memagari temen kita dengan doa supaya jangan sampai dia jatuh lagi ke tempat yang sama.

"Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya" - Yakobus 5 : 16

Ketika Tuhan memberikan kita dorongan untuk mendoakan seseorang, lakukan dan jangan mikir dua kali. Kesempatan untuk dipakai Tuhan ga selalu dateng dua kali. Mendoakan orang itu gaada ruginya. God Bless c:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar